Apa itu E-Sports? Pengertian dan Definisi

Apa itu E-Sports? Pengertian E-Sports dan Definisi ESports, Jenis-Jenis ESports Yang Ada di Indonesia, dan Bagaimana Sejarah E-Sports Berada di Indonesia, Raftel Cybernet Akan Menjelaskan Tentang Semua Aspek Tersebut.

Warnet di Bekasi – Esports dalam Wikipedia memiliki arti Olahraga Elektronik yang dimana aspek dari olahraga ini semuanya di fasilitasi oleh sistem elektronik. Berarti secara garis besar Pengertian Esport yaitu sebuah cabang olahraga yang tidak bertanding secara fisik tapi lebih mementingkan strategi dan dipertandingkan secara online melalui komputer sehingga masing-masing tim dapat bertanding tanpa ber tatap muka. input dari team dan player maupun output dari “actual esports systems” di mediasi oleh interface manusia dan komputer .

Warnet di Jakarta – Di Indonesia sendiri, e-sport udah lama masuk, cuma untuk beberapa orang ataupun gamers, masih asing dengan kata tersebut. E-sport merupakan cabang olahraga elektronik yang didukung oleh IeSPA (Indonesia eSports Association). Struktur dan tingkatan pertandingannya sama seperti pada cabang olahraga biasanya, bedannya para atlet e-sport tidak bertanding secara fisik tapi lebih mementingkan strategi dan dipertandingkan secara online melalui komputer sehingga masing-masing tim dapat bertanding tanpa bertatap muka.

Apa itu E-Sports? Pengertian dan Definisi

Video game yang dimainkan di kompetisi profesional, dikenal sebagai eSports. Biasanya eSports jatuh ke dalam beberapa genre besar, seperti Fighting Games, First-person shooters, strategi real-time, Sports game, atau multiplayer arena pertempuran secara online (MOBA). Genre MOBA saat ini menjadi yang paling populer dalam hal partisipasi dan audiensi.

eSports sendiri sebenarnya adalah kompetisi-kompetisi video game antara player yang telah menjadikan game sebagai profesi mereka sesungguhnya. eSports juga di kenal sebagai competitive gaming atau pro gaming. masukan dari pemain dan tim serta output dari sistem eSports yang dimediasi oleh antarmuka antara manusia dengan komputer. Paling umum, eSports mengambil bentuk secara terorganisir, kompetisi video game secara multiplayer , terutama antara (namun tidak terbatas pada) pemain profesional.

Turnamen seperti The International, Kejuaraan Dunia League of Legends , Battle.net World Championship Series, Evolution Championship Series, Intel Extreme Masters, dan Kejuaraan Dunia Smite menyediakan kompetisi baik secara siaran langsung dan hadiah uang dan gaji untuk pesaing yang jumlahnya fantastis.

Perbedaan drastis antara genre video game yang dimainkan seorang prosesional dan pemain biasa, pemain profesional biasanya sering menghabiskan seluruh karir mereka dalam satu genre.

Berikut ini adalah pilihan permainan yang memiliki dampak besar, khususnya di game profesional, diurutkan berdasarkan genre dan kronologis.

Fighting Games

Fighting Games merupakan permainan yang paling awal yang berada di turnamen, dengan berdirinya Evolution Championship Series pada tahun 1999. Kompetisi dalam genre ini umumnya kompetisi individu di mana kedua pemain memberikan masukan ke mesin yang sama.

Genre ini awalnya difokuskan pada arcade bermain, tapi secara bertahap pindah ke konsol dalam hal bermain sebagai arcade. Sebagai contoh seri Street Fighter adalah salah satu di antara game yang dimainkan pada tingkat profesional. Dan turnamen penting untuk genre ini termasuk Evolution Championship Series dan Piala Capcom, Tougeki – super Battle Opera adalah sebuah turnamen besar selama beberapa tahun terakhir ini.

Penggemar dari genre fighting game ini umumnya lebih memilih istilah “game kompetitif”, dan sering menghindari istilah “e-sports”, dengan alasan perbedaan budaya antara masyarakat yang didominasi Esports PC-game dan komunitas arcade-game yang lebih tua.

Anggota komunitas game fighting umumnya sangat menyadari hubungan mereka ke kompetisi arcade di era yang lebih tua dan ingin memprioritaskan pelestarian semangat kompetisi tersebut untuk lebih di-monetisasi sederhana dari kompetisi pertempuran pada umumnya.

Contoh Game yang sering dimainkan dalam genre Fighting Games di kompetisi internasional adalah :

Street Fighter
Super Smash Bros.
Marvel vs. Capcom
Tekken
Killer Instinct

First-person shooters

First-person shooters fokus pada simulasi baku tembak dari sudut pandang orang pertama, dan baik secara individu atau tim yang berbasis dari beberapa pemain. Permainan ini sebenarnya kurang populer, sebagai contoh genre game PC Team Fortress 2, yang ditampilkan dalam liga yang lebih kecil di beberapa negara seperti ESEA League, United Gaming Clan, dan European Team Fortress 2 league. Sedangkan Call of Duty dan kompetisi Halo biasanya bermain untuk edisi konsol mereka.

Contoh Game yang sering dimainkan dalam genre First-person shooters di kompetisi internasional adalah :

Doom
Quake
Counter-Strike series
Call of Duty
Unreal Tournament
Halo
Painkiller
Battlefield
CrossFire
Overwatch
Team Fortress 2
Alliance of Valiant Arms
Rainbow Six: Siege
Special Force II

Real-time strategy

Kompetisi yang melibatkan permainan strategi real time tradisional umumnya memiliki pesaing individu bersaing pada komputer pribadi melalui jaringan area lokal atau internet. Meskipun tidak sepopuler RTS lainnya dalam game selama periode sekarang, namun salah satu seri games seperti seri Age of Empires dimainkan secara kompetitif juga, dan merupakan bagian dari World Cyber Games pada tahun 2000-2003, dan 2007-2008.

Contoh Game yang sering dimainkan dalam genre Real-time strategy di kompetisi internasional adalah :

StarCraft: Brood War
Warcraft III
StarCraft II

Multiplayer online battle arena

Game Multiplayer online battle arena (MOBA) secara historis keluar arus dari real-time permainan strategi , tapi sangat berbeda ketika mereka sekarang umumnya dianggap sebagai genre yang terpisah. Sementara RTS permainan tradisional memiliki banyak unit yang dikendalikan oleh pemain tunggal, MOBAs biasanya disebut tim fokus, model dari lima pemain pada sebuah tim dimana masing-masing pemain mengendalikan “Hero“. MOBAs umumnya dimainkan di komputer pribadi.

Contoh Game yang sering dimainkan dalam genre Multiplayer online battle arena (MOBA) di kompetisi internasional adalah :

Dota / Dota 2
League of Legends
Smite
Heroes of the Storm
Heroes of Newerth
Vainglory

Sports Games

Contoh Game yang sering dimainkan dalam genre Sports Games di kompetisi internasional adalah :

FIFA
Madden
Rocket League

Racing atau permainan Balap

Contoh Game yang sering dimainkan dalam genre Racing di kompetisi internasional adalah :

Trackmania
iRacing
Project CARS

eSports atau kompetitif video game online telah menjadi sebuah bisnis dan telah diakui sebagai salah satu cabang olahraga resmi yang layak dipertandingkan di kancah internasional.

Indonesia telah mengakui esports secara resmi setelah pemerintah menetapkan IeSPA sebagai Asosiasi eSports Indonesia. Di Indonesia sudah ada program pendidikan esports di SMA 1 PSKD meski program esports menuai ‘pro dan kontra’.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *